Mamang Adsense. Salah satu bisnis online yang paling banyak digandrungi sampai saat ini adalah Google Adsense (GA) atau biasa disebut Adsense saja. Semakin hari semakin sulit rasanya untuk dapat bergabung dan bermitra dengan Adsense. Tidak sedikit para blogger yang selalu ditolak dan ditolak cintanya oleh Adsense. Sehingga ada yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan akun Adsense. Bukan tidak boleh, itu sah-sah saja tapi alahkan indahnya dan nikmatnya jika itu kita dapatkan dengan usaha kita sendiri. Ya... seperti halnya cinta kita diterima sang pacar tanpa bantuan teman atau orang lain, bagaimana rasanya bung ???
Tidak ada yang instan, semua perlu proses dan kegagalan adalah salah satu proses. Niat yang tulus, tekun, sabar dan jangan lupa hadirkan Allah SWT dalam setiap usaha kita. InsyaAllah suatu saat akan membuahkan hasil yang manis nan banyak.


Sebetulnya apa dan siapa Adsense itu ?

Sekali lagi maaf, buat para master Adsense hal ini tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Tapi bagi saya yang newbi dirasa perlu sebagai pengenalan buat para blogger pemula yang baru mulai, mau mulai atau sedang memulai bisnis Adsense.


# Siapa itu Adsense?
Adsense adalah produk Google yang terlahir karena Adwords. Tanpa ada Adwords maka Adsense tidak akan ada.

Tidak dipungkiri lagi, internet sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan primer. Hampa rasanya jika dalam 1 hari tanpa update status di Facebook, hambar rasanya jika 1 jam tanpa rettwit temen di Twitter.
Lebih baik ga punya uang daripada ga punya pulsa :D
Kesempatan emas ini tidak dilewatkan oleh Google, dengan cerdik Google membuka layanan yang dinamakan Adwords, yaitu memberi peluang kepada para pebisnis yang mempunyai produk barang dan jasa untuk memasarkan produk mereka masing-masing di internet. Kita tahu Google adalah situs nomor wahid di internet. Maka tidak ragu lagi para pelaku bisnis untuk bergabung dan bermitra dengan Google dalam layanan Adwords.

Sebagai contoh kasar, Perusahaan A ingin memasarkan produk barang "Jam Tangan" melalui layanan Google AdwordsPerusahaan A membayar Rp. 2500 untuk iklan jam tangan di web Google dan itu dibayar jika ada yang mengklik iklan tadi. Perusahaan A biasa disebut dengan Advertiser.
To be continue ...

Google tidak mungkin bekerja sendiri, dengan cerdiknya lagi Google memberikan kesempatan kepada para Blogger untuk memasarkan "Jam Tangan" di atas, maka dibuatkanlah layanan yang disebut Adsense. Bagi siapa saja yang memenuhi syarat untuk dapat bergabung dan bermitra dalam layanan Adsense maka dia berhak mendapatkan komisi. Komisi dibayarkan berdasarkan jumlah klik pada iklan jam tangan dan nominal yang diterima sobat Blogger, misalnya Rp. 1500. Sobat Blogger biasa disebut Publisher.

Simbiosis mutualisme, advertiser terbantu proses marketing dan penjualan, publisher dapat komisi, pembeli dapat informasi dan tentunya Google senyam senyum :D


Perbedaan Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Perlu difahami bahwa Google Adsense ini ada 2 tipe, yaitu Hosted dan Non Hosted. Perbedaannya adalah bahwa akun Google Adsense Hosted iklan hanya bisa tampil dalam blog (blogspot.com saja) dan Youtube. Jika sobat blogger punya blog dengan TLD .com misal mamangadsense.com (bukan mamangadsense.blogspot.com) maka iklan tidak akan tampil di blog. Sebaliknya Google Adsense Non Hosted bisa dipasang di blog apa saja dan Youtube sekaligus.
Akun Google Adsense yang didaftarkan di Youtube (Hosted) tidak bisa digunakan di blog. Agar iklan bisa tampil di blog, daftarkan blog tersebut melalui dashboard ke Google Adsense.
Jika punya akun Google Adsense Non Hosted secara otomatis bisa digunakan untuk blog (blogspot.com atau .com atau TLD lainnya) dan termasuk Youtube. 


Lalu, bagaimana cara kerja Adsense itu?

Sesuai deskripsi blog Mamang Adsense, ada 2 pilihan dalam bermitra dengan Adsense ini
Belajar Adsense Blog dan Youtube Bagi Pemula 
#1. Adsense Blog
#2. Adsense Youtube

Untuk Adsense Blog setidaknya ada beberapa hal yang harus dipenuhi :
  • Mempunyai blog (pake blogspot.com biar gratis)
  • Tampilan blog nomor 9
  • Membahas topik yang menarik
  • 1 topik lebih baik
  • Selalu update
  • Bahasa Indonesia diperbolehkan, Bahasa Inggris diutamakan
  • Mempunyai pengunjung (visitor)
  • Content (isi) tidak melanggar TOS Google Adsense
  • Umur blog lebih dari 1 bulan, ada juga yang 6 bulan
  • Jika sudah yakin dan PD cobalah untuk mengajukan lamaran ke Google

Untuk Adsense Youtube setidaknya harus punya :
  • Mempunyai saluran (channel) Youtube
  • Upload video sendiri (minimal 1 video asli buatan sendiri sudah bisa bermitra dengan Youtube)
  • Remix video CC
  • Video tidak boleh melanggar agama, hukum, sosial dan hak cipta
  • Surat cinta Google Adsense ga perlu menunggu 1 hari


Kenapa pada memilih Adsense?

Hmm... heran saya juga, padahal banyak alternatif pilihan lain selain Adsense. Justru lebih mudah dan lebih cepat prosesnya, ga pake ribet pokoknya tapi ...?!
Sobat blogger bisa menjawabnya, tapi pastikan umur sobat sudah 18 tahun.

InyaAllah Mamang Adsense akan berbagi pengalaman lainnya tentang Adsense ini, khusus bagi yang mau belajar ya. Untuk para master mohon bantuannya karena saya masih newbi :(

0 comments so far,add yours